Minggu, 04 Februari 2018

Perlukah Setiap Bisnis Memiliki Sebuah Situs Website?



Di era internet dan informasi seperti saat ini,  rasanya bila Anda sebagai pelaku bisnis tidak memiliki website, bisnis Anda bisa mati perlahan. Sebelumnya pelaku bisnis pemula dan UKM sering merasa biaya pembuatan website terlalu mahal, sehingga masih menanyakan perlukah setiap bisnis memiliki sebuah situs website.

Namun saat ini - sejalan dengan kesadaran para pebisnis tersebut- sebagian besar dari mereka sudah melek internet. Oleh karenanya, sebagian besar pelaku bisnis pemula dan UKM saat ini sudah memiliki website sendiri dan dikelola oleh tim secara khusus.

Memiliki website bisnis menjadi hal yang krusial layaknya Anda berbisnis memerlukan kantor, toko, atau bahkan nomor telepon. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 6 dari 10 pelanggan, mengharapkan sebuah produk memiliki situs tentang bisnisnya.

Nah, bagi Anda yang masih belum ‘aware’ dan bertanya, perlukah setiap bisnis memiliki sebuah situs website? Inilah 9 manfaat penting dari situs website bisnis Anda.

1.      Terhubung dengan Pelanggan Anda 24/7


Jika Anda memiliki sebuah website berarti pelanggan Anda selalu bisa menemukan Anda kapan pun dan di mana pun. Bahkan di luar jam kerja, website Anda akan terus mencari pelanggan baru. Mereka dapat mengakses informasi yang dibutuhkan tanpa ada paksaan membeli. Oleh karenanya pelanggan Anda tidak akan berpindah pada pesaing bila Anda selalu online.

2.     Memberi Peluang untuk Berkembang

Website pada dasarnya menjadi cara terbaik memberikan akses pada investor yang potensial. Situs Anda menjelaskan tentang perusahaan Anda, pencapaiannya, dan apa yang akan diraih di masa mendatang.

3.     Memperluas Target dan Pangsa Pasar Bisnis Anda

Jika website Anda dapat diakses oleh siapa saja dari seluruh pelosok dunia, Anda dapat memperluas jaringan bisnis hingga melewati batas negara. Siapapun akan dengan mudah menemukan perusahaan Anda, sehingga bisa menjadi pelanggan potensial Anda.

4.    Menampilkan Portofolio dan Iklan Bisnis Anda

 Dibandingkan dengan metode iklan tradisional – dengan adanya tool seperti Google AdWords atau iklan Facebook - dapat memberikan kekuatan bagi bisnis Anda, untuk meraih pelanggan dengan lebih akurat dan reliabel. Iklan online dan SEO dapat membantu membangun kesadaran pelanggan, sehingga mampu meningkatkan trafik website Anda.
Baca juga: Apa itu SEO

5.     Meningkatkan Layanan Pelanggan

Website menjadi cara terbaik untuk meningkatkan layanan pelanggan. Bahkan dapat menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan secara teratur, sehingga Anda dapat mengurangi biaya Customer Service dan menghemat uang dan waktu. Anda juga dapat memberikan informasi lebih banyak pada pelanggan. Selain itu hubungan dengan pelanggan lebih berkualitas, dan semua feedback dari pelanggan bisa tertuang dalam testimoni secara online.

6.    Menghemat Waktu dan Uang

Selain memberikan informasi, website Anda dapat dimanfaatkan sebagai tempat menjual barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Dengan demikian, dalam beberapa kasus Anda dapat menghemat uang tanpa toko offline yang biaya operasionalnya tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu dengan menggunakan website sebagai satu wadah informasi bagi kalangan internal perusahaan.

7.     Terlihat Profesional dan Lebih Kredibel

Saat ini pelanggan potensial akan meragukan perusahaan yang bereputasi jika tidak memiliki website dan alamat email. Ini sama halnya bila perusahaan Anda tidak memiliki nomor telepon dan alamat kantor. Hal ini disebabkan dalam sebuah website, pelanggan dapat mengetahui informasi krusial terkait bisnis Anda dan memberikan pengalaman positif  bagi pelanggan.

8.    Pertukaran Informasi

Sebuah website dapat menjadi cara tercepat dan termudah untuk memberikan informasi antara penjual dan pembeli. Anda dapat memberikan informasi terkait jam buka, informasi kontak, serta gambar  produk dan denah lokasi. Bahkan Anda bisa menggunakan formulir agar memudahkan  permintaan pelanggan potensial ataupun untuk memberikan feedback.  Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan kanal media sosial Anda dan membangun komunitas pelanggan.


.    Mengenal Pelanggan Lebih Jauh

Dengan memanfaatkan Analytic tools, Anda dapat mengetahui jenis pelanggan bisnis Anda, cara mereka menemukan Anda, apa yang mereka sukai, sehingga Anda dapat melakukan perubahan untuk memaksimalkan pembelian melalui website Anda.


Nah, jadi pertanyaan perlukah setiap bisnis memiliki sebuah situs website di atas, Anda pasti sudah tahu jawabannya.



***



0 komentar:

Posting Komentar